1
Perbedaan Media Darling, Media Sponsor dan Media Partner
Posted by Unknown
on
09.13
in
Materi
Sumber gambar : http://www.waingergroup.com
Guys tentunya udah biasa dengar kan tentang media sponsor, media partner dan media darling? Apakah kalian masih bingung tentang perbedaannya? Jika ya, kali ini mimin kasih kuncinya.
Media sangat berkaitan dengan kerja Publik Relations, baik dalam hal publikasi atau pun dalam mengatasi krisis perusahaan atau organisasi. Hubungan suatu perusahaan dengan media dapat berupa sebagai media darling, media relation, dan media sponsor. Adapun yang dimaksud dengan media darling, media sponsor, dan media partner adalah sebagai berikut :
Media Darling
Media Darling adalah seseorang yang terbuka kepada pers dan mudah memberikan akses kepada insan media. Seseorang yang favorit dan populer dikalangan media, sehingga secara gencar dan terus menerus menjadi obyek pemberitaan (Erlangga,2014:136). Yang mana media darling merupakan puncak dari hubungan perusahaan atau seseorang terhadap media. Peliputan terhadap perusahaan atau seseorang dilakukan secara terus menerus dan luas oleh media massa. Hal ini dikarenakan media merasa mendapat keuntungan yang besar dalam memperoleh segala informasi dari seseorang atau perusahaan tersebut, karena biasanya seseorang atau perusahaan yang menjadi media darling memiliki nilai berita yang selalu tinggi. Selain itu, masyarakat juga menjadi salah satu faktor yag membuat media meliput dan menggali informasi serta kegiatan yang dilakukan atau pun berkaitan dengan orang tersebut atau perusahaan tersebut.
Media darling juga dapat disebut sebagai seseorang atau perusahaan yang menjadi kawan media dalam mendapatkan informasi. Hal ini dapat terjadi dikarenakan keunikan maupun perbedaan yang dimiliki seseorang ketika memberikan informasi dan wawancara dengan wartawan. Selain itu sikap seseorang atau perusahaan yang ramah serta terbuka kepada media juga mempengaruhi seseorang atau perusahaan sebagai media darling.
Media Sponsor
Media sponsor merupakan kerjasama antara seseorang atau perusahaan dengan media untuk menyebarkan informasi sekaligus meningkatkan nama baik seseorang atau perusahaan. Kebanyakan media sponsor digunakan seseorang atau perusahaan ketika mereka memiliki event. Kerjasama yang terjadi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan atau seseorang untuk mempublikasikan eventnya. Informasi seputar event perusahaan dengan mudah tersebar kepada masyarakat dan juga dapat membantu mendapatkan dukungan dari instansi-instansi atau perusahaan lain. Ketika event yang dilaksanakan suatu perusahaan mendapatkan antusias yang banyak dari masyarakat maka akan meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat juga.
Media Partner
Media partner merupakan kerjasama yang dilakukan antara seseorang atau perusahaan yang mengarah kepada penyebaran informasi yang ada pada seseorang atau perusahaan. Media partner penting bagi seseorang atau perusahaan dikarenakan perusahaan dan seseorang membutuhkan satu publisitas untuk memperkenalkan dan memberikan informasi kepada publik mengenai kegiatan atau pun program yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan.
Seseorang atau perusahaan yang biasa diberitakan oleh media maka akan mudah dikenali oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan citra mereka. Tak hanya itu pemberitaan yang terus menerus juga akan memudahkan seseorang atau perusahaan mencuri hati masyarakat dan mempengaruhi masyarakat.
Media partner juga dapat diartikan sebagai kerjasama yang terjalin antara penyelenggara event dengan media baik tv, radio, online maupun media cetak (www.seputarevent.com). Yang mana kerjasama ini saling menguntungkan kedua belah pihak baik media massa atau pun perusahaan. Kerjasama ini lebih mengarah kepada kerjasama yang dilakukan media dengan perusahaan untuk menyebar informasi yang ada pada seseorang atau perusahaan.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa yang dinamakan media darling adalah seseorang atau perusahaan yang menjadi sahabat media massa yang dapat dikarenakan kepopuleran perusahan atau seseorang atau sikap perusahaan atau seseorang dalam menghadapi wartawan. Sedangkan media sponsor adalah kerjasama antara seseorang atau perusahaan yang bertujuan untuk menyebarkuaskan informasi yang ada pada seseorang atau perusahaan serta untuk meningkatkan citra dan nama baik perusahaan. Dan yang disebut sebagai media partner adalah kerjasama antara perusahaan atau seseorang yang lebih mengarah pada penyebaran informasi yang ada pada perusahaan dan seseorang tanpa adanya tujuan untuk meningkatkan nama baik dan citra perusahaan.
Daftar Pustaka
Erlangga, Yugha. 2014. Media Darling PETARUNG POLITIK: PROFIL CAPRES & CAWAPRES RI 2014. Erlangga: Jakarta
www.seputarevent.com, diakses pada 12 Oktober 2015; 10.05 WIB